Google Search

Wednesday, February 21, 2007

Sinetron Indonesia Hasil Adaptasi Serial TV Asia Lainnya

Sekarang ini banyak sekali stasiun TV swasta yang bermunculan di Indonesia, dan mereka bersaing untuk mendapatkan simpati dari pemirsa Indonesia. Sehingga tak jarang mereka menampilkan acara-acara yang saat ini digemari oleh para pemirsa di seluruh Indonesia, sebut saja acara yang paling di gemari adalah Sinetron dengan bintang-bintang muda yang terkenal.

Namun jika diperhatikan banyak stasiun TV yang menampilkan serial adaptasi TV asia dari Jepang, Taiwan, Korea dan lainnya. Dikarenakan sinetron indonesia (asli buatan Indonesia) kurang banyak diminati oleh pemirsa Indonesia. Akhirnya untuk menarik pemirsa lagi, stasiun TV pun memunculkan sinetron dengan format baru, yaitu sinetron adaptasi dari serial TV asia.

Apa para Production House tidak bisa lagi membuat sinetron-sinetron dengan karya sendiri, tidak mengadaptasi serial dari luar negeri? Apakah mereka sudah kehabisan "ide" untuk membuat skenario karya sendiri? Hal inilah yang seharusnya menjadi pelajaran bagi pihak PH.

Ini adalah beberapa sinetron hasil adaptasi dari serial TV Asia:
Siapa Takut Jatuh Cinta : Meteor Garden (serial TV Taiwan), walaupun ditengah-tengah penayangan format acaranya dirubah.
Liontin : Glass Shoes (serial TV Korea).
Bintang : Putri Huan Zhu (serial TV Hongkong).
Impian Cinderella : Frog Prince (serial TV Taiwan).
Cincin : A Beatiful Days (serial TV Korea).
Cinta 100 Hari : My Crazy Love.
Demi Cinta : Love.
Ciuman Pertama : Itazura Na Kiss (serial TV Jepang).
Atas Nama Cinta : Stairway to Heaven (serial TV Korea).
Penyihir Cinta : Magician of Love (serial TV Taiwan).
I Love You, Boss : Bright Girl Success Story.
Pengantin Remaja : My Little Bride.
Benci Jadi Cinta : My Girl.
Janji Jaya : My Name is Kim San Soon (serial TV Korea).
Benci Bilang Cinta : Princess Hours (serial TV Korea).
Katakan Kau Mencintaiku : Sad Love Song.
Baby Doll : Love Storm (serial TV Taiwan).
Buku Harian Nayla : One Little Of Tears (serial TV Jepang). Untuk informasi serial ini juga diadaptasi dari sebuah novel Kisah Nyata Penulis Aya Kitou (alm/rip) yang menulis buku "Ichi Rittoru No Namida".
Judulnya aku lupa tapi sinetron ini (dimainkan oleh Angel Karamoy) diadaptasi dari serial TV Jepang yang dimainkan oleh Takeshi Kanesiro dan Kyoko Fukada "Kamisama".
Judulnya aku lupa tapi sinetron ini dimainkan oleh Leony dan Rionaldo S. Yang diadaptasi dari serial TV Korea judulnya Endless Love.

Ini adalah sebagian kecil judul sinetron yang diadaptasi dari serial TV asia lainnya. Beberapa mungkin minta izin dulu dengan si-empunya serial yang asli, tapi beberapa tidak. Sebenarnya masih banyak lagi (sebagian udah aku tonton asli maupun adaptasinya) judul sinetron yang adaptasi, tapi aku lupa. (Sorry)

Seharusnya pihak PH bisa membuat sinetron dengan format sendiri alias tidak mengadaptasi dari serial TV asia lainnya. Belajarlah untuk membuat karya sendiri.

Tulisan ini dibuat dengan tidak bermaksud untuk menyindir/menghina/ menyinggung siapa pun. Jika ada yang tidak berkenan dengan tulisan ini, aku selaku penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Ditunggu Komentarnya. OK.

No comments: